Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian topologi jaringan komputeradalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta fasilitas dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputermemiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. ada banyak macam topologi menyerupai topologi ring, star, bus, mesh, dan tree yang akan dibahas di blog Tips Dan Trik Komputer ini ini.


Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya hingga kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk bulat sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi memakai data token untuk mengontrol hak susukan komputer untuk mendapatkan data, contohnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 hingga di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jikalau yang dituju bukan IP Address dia.
cepat dan tanpa melalui komputer lain, jikalau salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
  • Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya alasannya membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus mempunyai Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.

  •  5. Topologi Tree

    Topologi jaringan komputer Tree merupakan adonan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya memakai topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi sanggup mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
    adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus  Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
    • Kelebihan topologi tree ialah gampang menemukan suatu kesalahan dan juga gampang melaksanakan perubahan jaringan jikalau diperlukan.
    • Kekurangan nya yaitu memakai banyak kabel, sering terjadi gesekan dan lambat, jikalau terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.
    Masih ada lagi topologi yang belum aku bahas di atas, tetapi inilah beberapa topologi yang sering digunakan, pilihlah topologi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan biar artikel ini membantu anda, hingga jumpa. 
    Sumber http://takakakaka.blogspot.com

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel