Memahami Tipe-Tipe Jaringan Komputer

Topologi

LAN terdiri dari beberapa unsur, antara lain jumlah PC yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya. Cara dan bentuk kekerabatan antar PC lazimnya dikenal sebagai topologi LAN. Topologi sanggup juga diartikan bagan fisik jaringan yang menghubungkan satu simpul dengan simpul lainnya. Ada 4 macam topologi yaitu :
  • Star (Bintang)
  • Ring (Lingkaran)
  • Bus (Garis)
  • Tree (Pohon)
 antara lain jumlah PC yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya Memahami Tipe-Tipe Jaringan Komputer

Star (Bintang)

Secara scema, topologi star ini sanggup digambarkan menyerupai bintang, dimana setiap node dihubungkan ke satu node Pusat. Makara setiap pesan yang dikirimkan harus melalui node Pusat. Medium transmisi yang dipakai dalam tipe ini membentuk jalur tertutup (closed loop), dan setiap Workstasion memiliki kabel tersendiri untuk pribadi bekerjasama dengan file server, sehingga seluruh sistem tidak akan gagal jikalau ada salah satu kabel pada workstation yang terganggu.

Ring (Lingkaran)

Dalam topologi Ring, setiap node dihubungkan dengan node lain sehingga membentuk lingkaran. Karena sistem transmisinya memakai kabel yang saling menghubungkan beberapa workstation dengan file server dalam bentuk bulat tertutup, maka tipe ini memiliki kelemahan yaitu jikalau Sambungan antar workstation ada yang terganggu atau putus, maka seluruh sistem tidak sanggup berjalan sebagaimana mestinya.

Bus (Garis)

Pada topologi Bus ini terdapat satu jalur umum yang berbentuk garis lurus. Kemudian masing-masing node dihubungkan ke dalam jalur tersebut. Ciri khas dari topologi ini yaitu transmisi dari workstation sanggup menyebar dan menjalar ke workstation lainnya, sebab setiap workstation memakai media transmisi yang sama. Meskipun ada percabangan Media transmisi, tetapi tidak membentuk jalur tertutup (closed loop).

Tree (Pohon)

Topologi ini Tree ini bentuknya menyerupai diagram pohon. Node sentra dihubungkan ke beberapa node. Masing-masing node dihubungkan ke beberapa node lainnya.

Sumber https://queenjacksimulator.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel